PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING
DI KELAS XI
SMA NURIS JEMBER
SKRIPSI
Oleh
Azizah
NIM 150210302067
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
PENERAPAN COOPERATIVE
LEARNING
DI KELAS XI SMA NURIS JEMBER
SKRIPSI
diajukan
guna melengkapi tugas akhir dan memenuhi salah satu syarat
untuk
menyelesaikan Progran Studi Pendidikan Sejarah (S1)
dan
mencapai gelar Sarjana Pendidikan
Oleh
Azizah
NIM 150210302067
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
PERSEMBAHAN
Skripsi
ini saya persembahkan untuk:
1. Ibu Halimatus sa’diyah dan ayah kafrawi tercinta;
2. Guru-guru ku sejak taman kanak-kanak sampai dengan
perguruan tinggi;
3. Almamater Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
MOTO
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman
diantara kamu dan
Orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat
(terjemah Surat Al-Mujadala,
Ayat 11)[1]
PERNYATAAN
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Azizah
NIM :
150210302067
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya ilmiah
yang berjudul “Penerapan Cooperative
Learning di Kelas XI SMA Nuris Jember”
adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, kecuali kutipan yang telah saya
sebutkan sumbernya, belum pernah diajukan pada institusi mana pun, dan bukan
karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap
ilmiah yang harus dijunjung tinggi.
Demikian
pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dan paksaan dari
pihak mana pun serta bersedia mendapat sanksi akademik jika ternyata di
kemudian hari pernyataan ini tidak benar.
Jember, 20 Maret 2016
Yang menyatakan,
Azizah
NIM 150210302067
SKRIPSI
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING
DI KELAS XI SMA NURIS JEMBER
Oleh
AZIZAH
NIM 150210302067
Pembimbing
Dosen Pembimbing
Utama : Drs. Sumarjono, M.Hum.
Dosen Pembimbing
Anggota : Dr.
Sri Handayani, M.M.
PENGESAHAN
Skripsi berjudul
“Penerapan Cooperative Learning di Kelas XI SMA NURIS Jember” telah diuji dan
disahkan pada:
Hari, tanggal : Senin, 21 maret 2016
Tempat : Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember
Tim
penguji:
Ketua, Sekretaris
Drs.
Sumarjono, M.Si. Dr.
Sri Handayani, M.M.
NIP
195808231987021001 NIP
198503195212012002
Anggota I, Anggota
Drs. Sumarno,
M.Pd. Drs.
Marjono, M.Hum.
NIP
195221041984031002 NIP
196004221988021001
Mengesahkan
Dekan,
Prof.
Dr. Sunardi, M.pd.
NIP
195405011983031005
RINGKASAN
Penerapan Coopertive Learning di Kelas XI IPA SMA
NURIS Jember; Azizah, 150210302067;
2016: 50 + xii halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Jember
Perkembangan
model belajar dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Model pembelajaran
tradisional kini ditinggalkan dan digantikan dengan model pembelajaran modern.
Salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon adalah model
pembelajaran koperatif atau cooperative
learning.
Penelitian
dilaksanakan di kelas XI SMA NURIS Jember. Penerapan cooperative learning dilaksanakan dengan cara menerapkan sistem
belajar individu dan kelompok di dua kelas yang berbeda. Dengan permasalahan
yang sama, kelas yang satu memecahkannya dengan sistem pembelajaran individu,
sementara kelas yang lain memecahkannya dengan cara berkelompok.
Hasil percobaan
ini mengindikasikan bahwa cooperative
learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kelas yang
menggunakan sistem pembelajaran berkelompok memperoleh hasil yang lebih baik,
karena cooperative learning mengharuskan
peserta didik bertukar pendapat, sehingga hasil analisis yang dilakukan oleh
peserta didik lebih mendalam. Cooperative
learning juga membiasakan peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif
yang rendah berbaur dan bekerja sama dengan peserta didik yang memiliki
kemampuan kognitif yang tinggi, sehingga peserta didik saling melengkapi.
Cooperative learning dapat membuat kemajuan besar para siswa ke arah
pengembangan nilai, sikap, dan tingkah laku yang memungkinkan mereka
berpartisipasi dalam komunitas mereka dengan cara-cara yang sesuai dengan
tujuan pendidikan sejarah. Hal ini dapat tercapai karena tujuan utama cooperative learning adalah untuk
memperoleh pengetahuan dari sesama temanya. Penegtahuan itu tidak lagi
diperoleh dari gurunya belajar kelompok. Seorang teman haruslah memberikan
kesempatan kepada teman yang lain untuk mengemukakan pendapatnya dengan cara
menghargai pendapat orang lain, saling mengoreksi kesalahan, dan saling
membetulkan satu sama lain.
Pada cooperative
learning yang diajarkan adalah keterampilan-keterampilan khusus agar dapat
bekerja sama dengan baik di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang
baik, siswa diberi lembar kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang
direncanakan untuk diajarkan. Selama
kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan.
PRAKATA
Puji
syukur ke hadiratan Allah Swt. atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Penerapan Cooperative
Learning Di Kelas XI SMA NURIS JEMBER”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi
salah satu syarat menyelesaikan mata kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah
program studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Uiversitas Jember.
Penyusun
skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis
menyampaikan terima kasih kepada:
- . . Drs. Sumarjono, M.Si., Selaku dosen pembimbing utama, Drs. Marjono, M.Hum., Selaku dosen pembimbing anggota I, dan Drs. Sumarno, M.Pd., Selaku dosen pembimbing anggota II yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan perhatian dalam penulisan skripsi ini;
- . Drs. Marjono, M.Hum., selaku Dosen Pembimbing Akademikyang telah membimbing selama penulis menjadi mahasiswa;
- . Kepala sekolah dan Dewan guru SMA NURIS JEMBER yang telah memberi kesempatan untuk melakukan penelitian;
- . Bapak/Ibu Kafrawi dan Bapak/Ibu Syamsudin yang telah dorongan dan doanya demi terselesaikannya skripsi ini;
- . Rekan kerjaku Putri dan Naya yang telah membantu analisis;
6.
Semua pihak yang
tidak dapat disebutkan satu per satu.
Penulis
juga menerima segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan
skripsi ini. Akhirnya penilis berharap, semoga skripsi ini bermanfaat.
Jember, Maret 2016 Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL ..........................................................
HALAMAN JUDUL .............................................................
HALAMAN PERSEMBAHAN ...........................................
HALAMAN MOTO ..............................................................
HALAMAN PERNYATAAN ...............................................
HALAMAN PENGESAHAN ...............................................
RINGKASAN .........................................................................
PRAKATA ..............................................................................
DAFTAR ISI ...........................................................................
DAFTAR TABEL ..................................................................
DAFTAR GAMBAR .............................................................
BAB 1. PENDAHULUAN ......................................................
1.1
Latar Belakang ........................................................
1.2
Rumusan Masalah ..................................................
1.3
Tujuan dan Manfaat ...............................................
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA ..............................................
2.1
Landasan Teori .........................................................
2.1 Teori Ausubel
....................................................
2.2
Teori Piaget ........................................................
2.3
Teori Vygotsky ...................................................
BAB 3. METODE PENELITIAN ..............................................
3.1
jenis penelitian .............................................................
3.2
tempat dan waktu penelitian ......................................
3.3
populasi, sampel, dan informan .................................
3.4
definisi operasional ......................................................
3.5
rancangan penelitian ..................................................
3.6
data dan sumber data .................................................
3.7
teknik dan alat perolehan data ..................................
3.8
teknik penyajian dan analisis data ............................
BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN .......................................
4.1
Pengertian cooperative learning ..................................
4.1.1 Tujuan cooperative
learning ............................
4.1.2 Teori cooperative learning ...............................
4.2
Peranan guru dalam cooperative learning .................
4.3
Strategi cooperative learning ........................................
4.3.1 Test eksperimen coopertive learning ...............
BAB 5. PENUTUP ........................................................................
5.1
kesimpulan ..................................................................
5.2
saran .............................................................................
DAFTAR ISTILAH .....................................................................
ENDNOTE ....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................
LAMPIRAN ..................................................................................
INDEKS .......................................................................................
DAFTAR TABEL
Halaman
4.1 pedoman pemberian
skor perkembangan individu ......................
4.2 perbandingan nilai
........................................................................
4.3 nama peserta didik ........................................................................
DAFTAR GAMBAR
Halaman
3.1 penataan bangku
meja panjang ..................................................
3.2 penataan bangku
meja laboratorium ...........................................
3.3 penataan bangku
meja klasikal kelompok ..................................
3.4 penataan bangku
meja berbaris ...................................................
3.5 penataan bangku
meja individu ..................................................
[1]
Departeman Agama Republik Indonesia. 1998, Al-Quran
dan Terjemahnya. Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo
0 komentar:
Posting Komentar