Selasa, 12 April 2016

contoh bagian pendahuluan skripsi




PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING
DI KELAS XI  SMA NURIS JEMBER



SKRIPSI



Oleh
Azizah
NIM 150210302067


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016






PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING
DI KELAS XI SMA NURIS JEMBER


SKRIPSI
diajukan guna melengkapi tugas akhir dan memenuhi salah satu syarat
untuk menyelesaikan Progran Studi Pendidikan Sejarah (S1)
dan mencapai gelar Sarjana Pendidikan

Oleh
Azizah
NIM 150210302067


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016


PERSEMBAHAN

Skripsi ini saya persembahkan untuk:
1.      Ibu Halimatus sa’diyah dan ayah kafrawi tercinta;
2.      Guru-guru ku sejak taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi;
3.      Almamater Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.



MOTO
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan
Orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat
(terjemah Surat Al-Mujadala, Ayat 11)[1]



PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
                        Nama   : Azizah
                        NIM    : 150210302067
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya ilmiah yang berjudul “Penerapan Cooperative Learning di Kelas XI SMA Nuris Jember” adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, kecuali kutipan yang telah saya sebutkan sumbernya, belum pernah diajukan pada institusi mana pun, dan bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan  dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak mana pun serta bersedia mendapat sanksi akademik jika ternyata di kemudian hari pernyataan ini tidak benar.


Jember, 20 Maret 2016
Yang menyatakan,


Azizah
NIM 150210302067



SKRIPSI


PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING
DI KELAS XI SMA NURIS JEMBER



Oleh
AZIZAH
NIM 150210302067


Pembimbing

Dosen Pembimbing Utama      :      Drs. Sumarjono, M.Hum.
Dosen Pembimbing Anggota   :      Dr. Sri Handayani, M.M.




PENGESAHAN

Skripsi berjudul “Penerapan Cooperative Learning di Kelas XI SMA NURIS Jember” telah diuji dan disahkan pada:
Hari, tanggal   : Senin, 21 maret 2016
Tempat            : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Tim penguji:
Ketua,                                                                                     Sekretaris


Drs. Sumarjono, M.Si.                                                Dr. Sri Handayani, M.M.
NIP 195808231987021001                                        NIP 198503195212012002

Anggota I,                                                                               Anggota


Drs. Sumarno, M.Pd.                                                  Drs. Marjono, M.Hum.
NIP 195221041984031002                                        NIP 196004221988021001
Mengesahkan
Dekan,


Prof. Dr. Sunardi, M.pd.
NIP 195405011983031005


RINGKASAN
Penerapan Coopertive Learning di Kelas XI IPA SMA NURIS Jember; Azizah, 150210302067; 2016: 50 + xii halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
Perkembangan model belajar dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Model pembelajaran tradisional kini ditinggalkan dan digantikan dengan model pembelajaran modern. Salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon adalah model pembelajaran koperatif atau cooperative learning.
Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA NURIS Jember. Penerapan cooperative learning dilaksanakan dengan cara menerapkan sistem belajar individu dan kelompok di dua kelas yang berbeda. Dengan permasalahan yang sama, kelas yang satu memecahkannya dengan sistem pembelajaran individu, sementara kelas yang lain memecahkannya dengan cara berkelompok.
Hasil percobaan ini mengindikasikan bahwa cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kelas yang menggunakan sistem pembelajaran berkelompok memperoleh hasil yang lebih baik, karena cooperative learning mengharuskan peserta didik bertukar pendapat, sehingga hasil analisis yang dilakukan oleh peserta didik lebih mendalam. Cooperative learning juga membiasakan peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif yang rendah berbaur dan bekerja sama dengan peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif yang tinggi, sehingga peserta didik saling melengkapi.
Cooperative learning dapat membuat kemajuan besar para siswa ke arah pengembangan nilai, sikap, dan tingkah laku yang memungkinkan mereka berpartisipasi dalam komunitas mereka dengan cara-cara yang sesuai dengan tujuan pendidikan sejarah. Hal ini dapat tercapai karena tujuan utama cooperative learning adalah untuk memperoleh pengetahuan dari sesama temanya. Penegtahuan itu tidak lagi diperoleh dari gurunya belajar kelompok. Seorang teman haruslah memberikan kesempatan kepada teman yang lain untuk mengemukakan pendapatnya dengan cara menghargai pendapat orang lain, saling mengoreksi kesalahan, dan saling membetulkan satu sama lain.
Pada cooperative learning yang diajarkan adalah keterampilan-keterampilan khusus agar dapat bekerja sama dengan baik di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang baik, siswa diberi lembar kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan  untuk diajarkan. Selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan.



PRAKATA

Puji syukur ke hadiratan Allah Swt. atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Penerapan Cooperative Learning Di Kelas XI SMA NURIS JEMBER”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan mata kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah program studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uiversitas Jember.
Penyusun skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada:
  1.       . . Drs. Sumarjono, M.Si., Selaku dosen pembimbing utama, Drs. Marjono, M.Hum., Selaku dosen pembimbing anggota I, dan Drs. Sumarno, M.Pd., Selaku dosen pembimbing anggota II yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan perhatian dalam penulisan skripsi ini;
  2.      .     Drs. Marjono, M.Hum., selaku Dosen Pembimbing Akademikyang telah membimbing selama penulis menjadi mahasiswa;
  3.      .    Kepala sekolah dan Dewan guru SMA NURIS JEMBER yang telah memberi kesempatan untuk melakukan penelitian;
  4.    .       Bapak/Ibu Kafrawi dan Bapak/Ibu Syamsudin yang telah dorongan dan doanya demi terselesaikannya skripsi ini;
  5.     .       Rekan kerjaku Putri dan Naya yang telah membantu analisis; 

6.      Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
Penulis juga menerima segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini. Akhirnya penilis berharap, semoga skripsi ini bermanfaat.

Jember, Maret 2016                                                                            Penulis




DAFTAR ISI
                                                                                                                                                                                                      Halaman
HALAMAN SAMPUL ..........................................................
HALAMAN JUDUL .............................................................
HALAMAN PERSEMBAHAN ...........................................
HALAMAN MOTO ..............................................................
HALAMAN PERNYATAAN ...............................................
HALAMAN PENGESAHAN ...............................................
RINGKASAN .........................................................................
PRAKATA ..............................................................................
DAFTAR ISI ...........................................................................
DAFTAR TABEL ..................................................................
DAFTAR GAMBAR .............................................................
BAB 1. PENDAHULUAN ......................................................
1.1  Latar Belakang ........................................................
1.2  Rumusan Masalah ..................................................
1.3  Tujuan dan Manfaat ...............................................
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA ..............................................
          2.1 Landasan Teori .........................................................
                   2.1 Teori Ausubel ....................................................
                    2.2 Teori Piaget ........................................................
                    2.3 Teori Vygotsky ...................................................
BAB 3. METODE PENELITIAN ..............................................
          3.1 jenis penelitian .............................................................
          3.2 tempat dan waktu penelitian ......................................
          3.3 populasi, sampel, dan informan .................................
          3.4 definisi operasional ......................................................
          3.5 rancangan penelitian ..................................................
          3.6 data dan sumber data .................................................
          3.7 teknik dan alat perolehan data ..................................
          3.8 teknik penyajian dan analisis data ............................
BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN .......................................
          4.1 Pengertian cooperative learning ..................................
                   4.1.1 Tujuan cooperative learning ............................
                   4.1.2 Teori cooperative learning ...............................
          4.2 Peranan guru dalam cooperative learning .................
          4.3 Strategi cooperative learning ........................................
                   4.3.1 Test eksperimen coopertive learning ...............
BAB 5. PENUTUP ........................................................................
          5.1 kesimpulan ..................................................................
          5.2 saran .............................................................................
DAFTAR ISTILAH .....................................................................
ENDNOTE ....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................
LAMPIRAN ..................................................................................
INDEKS .......................................................................................




DAFTAR TABEL

                                                                                                            Halaman
4.1 pedoman pemberian skor perkembangan individu ......................
4.2 perbandingan nilai ........................................................................
4.3 nama peserta didik ........................................................................



DAFTAR GAMBAR

Halaman
3.1 penataan bangku meja panjang ..................................................
3.2 penataan bangku meja laboratorium ...........................................
3.3 penataan bangku meja klasikal kelompok ..................................
3.4 penataan bangku meja berbaris ...................................................
3.5 penataan bangku meja individu ..................................................




[1] Departeman Agama Republik Indonesia. 1998, Al-Quran dan Terjemahnya. Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo

0 komentar:

Posting Komentar