Minggu, 06 November 2016

media pembelajaran ppt

          Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Power Point (PPT) dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang paling praktis, efektif, dan efisien. (http://www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-microsoft-powerpoint.html)

power point (PPT) yang efektif


         dalam membuat power point yang efektif  dapat memperhatikan beberapa hal dibawah ini :


  1. menggunakan tidak lebih dari 2 font huruf yang berbeda. sebaiknya kita menggunakan font arial, verdana, atau tahoma
  2. untuk mengkomunikasikan dengan baik batasilah variasi (bold, italic, underline, size changes) maksimal empat
  3. warna huruf harus kontras dengan warna background
  4. ukuran judul 30-40, ukuran conten 20-30
  5. jangan melebihi 10-12 baris pada 1 slide
  6. 1 slide untuk 1 topik
  7. berilah judul pada setiap slide dan menggunakan "next, continued, etc" untuk melanjutkan topik pada slide berikutnya
  8. jangan menggunakan gambar, backgriund, shape, dan animasi yang dapat menyinggung
  9. atur spasi antar kata



          berikut merupakan contoh dari power point dengan KD : menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia


pada slide pertama terdapat judul, KD, dan identitas. font yang digunakan sudah sesuai, antara judul dan konten sudah menggunakan 2 font yang berbeda dan ukuran judul dan konten sudah lebih besar judul.


pada slide kedua terdapat sebuah gambar tetapi gambar tersebut sebaiknya menggunakan gambar yang berwarna. kurang adanya variasi  (bold, italic, underline, size changes) sehingga tidak ada kata kunci yang terlihat. juga tidak dicantumkan sumbernya. akan tetapi dari font sendiri sudah jelas dan presentatif baik judul maupun kontennya. isi yang disajikan juga sesuai dengan KD, juga konten tidak melebihi dari 10-12 baris.


pada slide ini disajikan sebuah smart chart yang berisi kronologi terjadinya proklamasi.  tulisan pada slide ini sudah presentatif dan isi smart chart sudah sesuai dengan KD, namun smart chart yang bagian bawah "menabrak" batas garis tepi background.


pada slide ini terdapat video detik-detik proklamasi, isi video sesuai dengan judul dan KD. tulisan sudah presentatif, tetapi kurang adanya variasi  (bold, italic, underline, size changes).


pada slide ini terdapat link tentang tokoh-tokoh dibalik proklamasi, isi link sesuai dengan judul dan KD. tulisan sudah presentatif, tetapi kurang adanya variasi  (bold, italic, underline, size changes).


0 komentar:

Posting Komentar