Minggu, 06 November 2016

media pembelajaran prezi



         Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka. (https://id.wikipedia.org/wiki/Prezi)

       prezi dapat dibuat secara oofline dengan mengunduh aplikasi prezi dan menggunakan "trial" untuk menggunakan aplikasi prezi secara offline dengan gratis atau denngan cara online dengan mengunjungi laman https://prezi.com/ 

        prezi dapat digunakan sebagai media pembelajaran seperti power point. untuk membuat prezi yang efektif hal-hal yang harus diperhatikan sama dengan ketika kita akan membuat power point yang efektif, yaitu :
  1. menggunakan tidak lebih dari 2 font huruf yang berbeda. sebaiknya kita menggunakan font arial, verdana, atau tahoma
  2. untuk mengkomunikasikan dengan baik batasilah variasi (bold, italic, underline, size changes) maksimal empat
  3. warna huruf harus kontras dengan warna background
  4. ukuran judul 30-40, ukuran conten 20-30
  5. jangan melebihi 10-12 baris pada 1 slide
  6. 1 slide untuk 1 topik
  7. berilah judul pada setiap slide dan menggunakan "next, continued, etc" untuk melanjutkan topik pada slide berikutnya
  8. jangan menggunakan gambar, backgriund, shape, dan animasi yang dapat menyinggung
  9. atur spasi antar kata


             berikut merupakan contoh media pembelajaran prezi dengan KD : menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia.


pada slide tampilan awal menampilkan pembahasan dari kronologi keemerdekaan indonesia. tetapi slide ini terdapat kekurangan yaitu adanya tulisan yang berada di luar lingkaran pembahasan dikarenakan kesalahan teknis


slide kedua merupakan slide yang berisi identitas, kekurangan dari slide ini adalah font yang digunakan untuk menulis judul menggunakn font yang berlubang sehingga mengesankan bahwa tulisan kurang tegas. tetapi font konten sudah cukup tegas, jelas, dan presentatif.


pada slide ketiga kekurangannya sama pada slide sebelumnya yaitu menggunakan font berlubang pada judul, dan penggunaan shape yang berbentuk lingkaran membuat isi tidak maksimal, tetapi pada slide ini gambar dan tulisan sudah presentatif dan dilengkapi dengan sumber.


pada slide keempat ini terdapat diagram, diagram yang digunakan sudah cukup presentatif dan kontennya sesuai dengan KD. tetapi, sama seperti slide sebelumnya penggunaan font yang berlubang pada judul dan pemilihan shape yang lingkaran membuat slide ini terkesan kurang tegas dan sempit.


pada slide kelima terdapat sebuah video tentang perumusan teks proklamasi. konten yang ada dalam video sudah sesuai dengan KD dan terdapat pengantar pada slide ini. tetapi, sama seperti slide sebelumnya penggunaan font yang berlubang pada judul dan pemilihan shape yang lingkaran membuat slide ini terkesan kurang tegas dan sempit. 


slide terakhir terdapat link tentang detik-detik proklamasi. pada slide ini sudah terdapat pengantar sebelum link di bagikan. isi link juga sesuai denngan judul maupun KD. tetapi, sama seperti slide sebelumnya penggunaan font yang berlubang pada judul dan pemilihan shape yang lingkaran membuat slide ini terkesan kurang tegas dan sempit. 




0 komentar:

Posting Komentar